OMK PRKKD ; LAPORAN KEGIATAN 2013

Kamis, Agustus 22, 2013 Pankratia Da Svit Kona- 0 Comments

I. PENDIDIKANPOLITIK OMK SE-REGIO NUSRA
Pada tanggal 7 – 10 Mei 2013 telah berlangsungKegiatan Training Of Trainer ; Pendidikan Politik untuk Pendamping OMK Se-RegioNusra bertempat di Aula Seruni Weetabula – Keuskupan Weetabula Sumba Barat Dayadengan tema “Berikan kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar(Matius 22:21)” kegiatan ini diikuti oleh Utusan Komisi Kepemudaan KeuskupanSe-Regio Nusra dengan jumlah peserta 41 orang dan di fasilitasi oleh 3 orangteam Komisi Kepemudaan KWI.

Dalam kegiatan ini Peserta dibekali dengan berbagaimateri yang berhubungan dengan Politik secara umum maupun Politik Indonesiakhususnya dan bagaimana Orang Muda Katolik harus mulai berani terjun langsungdalam Politik Praktis. Semua materi itu pada akhirnya menyadarkan para pesertabahwa fenomena yang dihadapi di keuskupan se-regio nusra adalah rendahnyapemahaman politik di kalangan OMK se-regio nusra, yang berdampak pada minimnyapartisipasi OMK dalam kehidupan sosial politik.
Peserta pertemuan menyadari bahwa Politik merupakanpanggilan bagi semua orang katolik termasuk OMK. Dan bila politik dilakukandengan benar akan memberikan dampak kepada kesejahteraan bagi semua orangsesuai dengan Ajaran Sosial Gereja (ASG).

Mengingat pentingnya hal tersebut maka peserta TOTmerekomendasikan agar Perlu dilakukan Pendidikan Politik Dan Kaderisasi YangTerencana, Berjenjang Dan Berkelanjutan Bagi OMK. Para peserta juga menghimbauagar gereja se-regio nusra berperan aktif dalam mendampingi OMK demi kemajuanpemahaman politik OMK dan pendampingan bagi mereka yang terlibat aktif dalampolitik praktis di wilayah regio Nusra. Maria Pankratia~Peserta Perwakilan OMKKeuskupan Denpasar

II. PELATIHAN BAGI PARA PENDAMPING OMK SE-BALI

Pada tanggal 12 – 14 Juli 2013 juga telahberlangsung Kegiatan Training For Trainers ; Pelatihan Bagi Para Pendamping OMKSe-Keuskupan Denpasar (Khusus Pulau Bali) bertempat di Wisma Keuskupan Denpasardengan tema “Pendamping OMK Sahabat Seperjalanan OMK dalam Memancarkan WajahKristus” kegiatan ini diikuti oleh Utusan setiap Paroki yang terdiri dariPembina maupun Pengurus OMK baik dari Dekenat Bali Barat maupun Dekenat BaliTimur.

Selama proses pelatihan ini, Peserta diajak memahamidan menganalisa Tantangan dan Kekuatan serta Peluang yang dimiliki OMK sebagaisebuah Komunitas. Peserta dibagikan kedalam beberapa kelompok kemudian salingmembagikan pengalaman selama menjadi Pembina maupun Pengurus di Parokimasing-masing. Pelatihan ini memberikan manfaat yang luar biasa karena setiappeserta pada akhirnya menemukan masalah yang dihadapi baik dari OMK secarapribadi maupun OMK secara komunitas. Peserta di ajak memikirkan solusi danrencana tindak lanjut sebagai langkah konkrit kedepannya.

Paroki Katedral sendiri mengutus tiga orang Pesertayaitu Bapak Thomas Bili selaku Sie Kepemudaan DPP Paroki Roh Kudus KatedralDenpasar, Maria Pankratia Mete Seda selaku Wakil Ketua OMK PRKKD dan AgustineBernadine Riberu selaku Sekretaris OMK PRKKD. Kegiatan ini di fasilitasi olehKWI bekerjasama dengan Komisi Kepemudaan Keuskupan Denpasar. Diharapkankegiatan seperti ini dapat dilakukan sesering mungkin demi menunjang kemajuanOMK sehingga menjadi lebih Tangguh,Tanggap dan Terlibat dalam memancarkan wajahKristus. Salam Semangat OMK!

III. Pertemuan Pembina OMK Se-KeuskupanDenpasar oleh Ditjen Bimas Katolik Kementrian Agama Republik Indonesia diMataram

REKOMENDASI PERTEMUAN PEMBINA ORANG MUDA KATOLIKKEUSKUPAN DENPASAR TANGGAL 15 - 18 JULI 2013 DI MATARAM

Setelahmengikuti dan mencermati seluruh proses Pertemuan Pembina Orang Muda KatolikKeuskupan Denpasar di Mataram dari tanggal 15 sampai dengan 18 Juli 2013 dengantema “Dengan Pertemuan Pembinaan Para Pembina OMK, Kita Tingkatkan Peran SertaOrang Muda Katolik Bagi Gereja dan Masyarakat”, kami, peserta pertemuan,menemukan garis-garis besar semangat karya pastoral Gereja, peluang dantantangan pembinaan Orang Muda Katolik, dengan ini kami menyampaikan beberaparekomendasi untuk menjadi perhatian berbagai pihak terkait, khususnyaDirektorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, yaitu:

1. ArahKarya Pastoral Pembinaan Orang Muda Katolik :
- PembinaanOrang Muda Katolik merupakan salah satu langkah strategis untuk menyiapkangenerasi penentudan penerus Gereja Katolik, bangsa dan Negara di masa sekarangdan pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, orang muda Katolik hendaknyadisiapkan untuk memahami fungsi dan peran kerasulan awam baik dalam kehidupanmenggereja maupun kehidupan bermasyarakat, bangsa dan Negara demi mewujudkanOrang Muda Katolik yang 100% Katolik dan 100% Indonesia. Untuk itu, diperlukanpembinaan Pembina Orang Muda Katolik berupa pelaksanaan kegiatan, pemberian bantuanpelaksanaan kegiatan dan pemberian bantuan sarana pendukung peningkatanpemahaman tugas pastoral Gereja, agar memahami dengan sungguh-sungguh arah umumkarya pastoral Gereja dan arah karya pastoral pembinaan Orang Muda Katolik.
- Perlupenyusunan materi-materi pokok arah karya pastoral pembinaan Orang Muda Katolikseperti modul/kurikulum pembinaan OrangMuda Katolik sebagai acuan bersama dalam pelaksanaan pembinaan Orang MudaKatolik.
- PembinaanOrang Muda Katolik hendaknya dilaksanakan secara sistematis, kontinyu, terpadudan berkesinambungan dengan memperhatikan tingkatan usia Orang Muda Katolik.
2. Managemen Pengelolaan Pembinaan OrangMuda Katolik:
Diperlukanpedoman tata kelola (Juklak dan Juknis) pembinaan Orang Muda Katolik yang dapatdijadikan pegangan bagi setiap Pembina Orang Muda Katolik agar pembinaan OrangMuda Katolik dapat terlaksana secara sistematis, terus-menerus,berkesinambungan dan tepat sasaran dan tepat guna.

3. Kemitraan Pemerintah dengan Gereja
Kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah dalam hal ini DirektoratJenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI dengan Gerejakhususnya dalam bidang karya pastoral Orang Muda Katolik yang sudah terjalinselama ini dapat diteruskan dan ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnyadi masa-masa yang akan datang.

Demikianlahrekomendasi ini dibuat untuk menjadi bahan pengambilan kebijakan DirektoratJenderal Bimbingan Masyarakat Katolik.


IV. Bali Summer Camp
Satulagi acara menarik yg kami ikuti adalah 'Bali Summer Camp' (BSC). BSC adalahsuatu kegiatan camping rohani yang diselenggarakan oleh Badan PelayananKeuskupan Pembaruan Karismatik Katolik di Bedugul pada tanggal 31 Juni - 2 Meiyang lalu. Acara ini juga diikuti oleh rekan OMK dari berbagai paroki di KesukupanDenpasar. OMK PRKKD mengirim 6 perwakilannya untuk berpartisipasi. Ini adalahyang ke-3 kalinya BSC diselenggarakan dengan mengusung tema ' Agent of Change'.Sesuai dengan tema yang diangkat, jelas sekali acara ini bertujuan untukmemotivasi para peserta untuk menjadi Agen Perubahan. Melalui sharing dandiskusi, serta games yg menarik dan sangat 'anak muda' para peserta belajaruntuk saling berbagi,saling mengenal satu sama lain dan bersyukur untuk segalayg kita punya. Untuk semakin memahami bagaimana hubungan kita dengan Tuhan,Keluarga, dan Teman. Ada juga sharing pengalaman iman yg sangat inspiratif dariKak Leonardus Kamilis, seorang anak muda yg sudah berhasil menjadi 'AgenPerubahan' untuk dirinya sendiri dan orang2 disekitarnya melalui pertolonganYesus Kristus. Melalui acara ini, kami menjadi termotivasi untuk bisa membawaperubahan di lingkungan kami, terutama untuk gereja. Semoga apa yg kamidapatkan dari acara tersebut bisa kami aplikasikan di kehidupan menggereja dansemakin tangguh,tanggap,terlibat.

V. EKARISTI KAUM MUDA DAN MALAM PENTAS SENI 17 AGUSTUS 2013
Dalam semarak HUT NKRI ke-68 telah diselenggarakan Ekaristi Kaum Muda dan Pentas Seni Kemerdekaan untuk OMK Sekota Denpasar oleh OMK FX. KUTA. Acara yang dilangsungka pada Malam Minggu 17 Agustus 2013 di Pelataran Parkir Gereja FX Kuta ini berlangsung meriah, dihadiri beberapa Paroki antara lain OMK MBSB NUSADUA, OMK DON BOSCO BABAKAN, OMK ST.YOSEP KEPUNDUNG, OMK PRKKD dan OMK FX.KUTA selaku tuan rumah. Pada tahun berikutnya diharapkan kegiatan seperti ini bisa berlangsung kembali dan melibatkan lebih banyak OMK dari Paroki lainnya. Semangat OMK Keuskupan Denpasar Tangguh, Tanggap, Terlibat \m/

0 komentar: