PANITIA PELAKSANA PELATIHAN DASAR ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN (PDOK) OMK PAROKI ROH KUDUS KATEDRAL DENPASAR

Kamis, Agustus 22, 2013 Pankratia Da Svit Kona- 0 Comments

I. Latar Belakang
Generasi muda, generasi penerus masa depan adalah realitas yang dapat diterima oleh semua pihak. Landasan pijak pernyataan ini terletak pada kenyataan bahwa kaum muda selalu penuh dengan semangat, kreasi dan idealisme serta visi dan misi ke depan. Di sisi lain, kaum muda merupakan generasi penentu dari sebuah perkembangan dan pertumbuhan peradaban Bangsa. Kenyataan ini tidak membebaskan kaum muda yang berkecimpung dalam kehidupan menggereja, dikarenakan kaum muda adalah Tulang Punggung Gereja.

Bertolak dari kenyataan ini, amatlah disayangkan jika kaum muda yang penuh semangat dan kreasi itu harus berkembang sendirian tanpa bimbingan. Tidak itu saja, adalah kekeliruan jika visi, misi dan idealisme yang dimiliki oleh kaum muda akhirnya harus berkembang ke arah yang salah karena diarahkan secara tidak benar. Pada sebuah kegiatan Training for Trainer (TFT) di Keuskupan Denpasar beberapa bulan yang lalu, terdapat sebuah materi menarik yaitu Analisa Tantangan dan Peluang OMK di Paroki masing-masing. Di Paroki Katedral Orang Muda masih mengalami krisis jati diri dan rasa enggan bergabung dalam sebuah wadah kebersamaan bahkan untuk kelompok organisasi seperti OMK yang samasekali tidak memiliki syarat tertentu untuk bergabung dan memberatkan anggota dengan berbagai macam tanggung jawab serta tidak mendatangkan penghasilan. Apakah karena tidak memberikan penghasilan maka banyak Orang Muda Katolik sekarang memutar haluan sehingga lebih sibuk dengan hal-hal duniawi? Salah satu langkah bijak yang terpikir sebagai Rencana Tindak Lanjut dari TFT tersebut dan juga merupakan Program Kerja Kepengurusan OMK PRKKD 2011 – 2013 adalah dengan mengadakan Program Pelatihan Dasar Organisasi dan Kepemimpinan OMK RPKKD (PDOK). Dimana kaum muda dibekali dengan keahlian dan kapabilitas yang memadai dalam sebuah sistem baik secara pribadi maupun kelompok.

Secara spesifik, OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar termasuk dalam kaum muda yang masih dan harus membutuhkan banyak bimbingan, pelatihan dan arahan. Teristimewa dalam berorganisasi, masih ditemukan banyak kendala yang merupakan kesulitan bersama. Hal yang perlu mendapat perhatian juga adalah kesadaran bahwa organisasi OMK khususnya OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar bukanlah milik orang perorangan. Sebaliknya, organisasi OMK adalah milik semua muda-mudi Katolik yang terhitung sebagai umat Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar. Pada titik ini, masalah kurangnya partisipasi dan kesadaran berorganisasi dalam lingkup gereja, lemahnya kaderisasi dan ketidaksiapan pribadi untuk memimpin, telah menjadi dilema bagi OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar dalam berorganisasi.

Menanggapi masalah yang ada dalam organisasi OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar ini, maka Pengurus melalui Panitia yang sudah dibentuk merasa perlu mengadakan suatu kegiatan pelatihan yang berkesinambungan untuk para kaum muda. Pada pelatihan tingkat dasar ini diharapkan ketahanan egoisme diri dapat diruntuhkan sekaligus dibentuklah karakter pribadi dan kelompok untuk beroganisasi. Dengan demikian, OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar dapat selangkah lebih maju yaitu memiliki tipikal dan karakter berorganisasi, selalu mengkaderkan anggota-anggotanya dan pada tingkat yang lebih tinggi, akan membangun komitmen berorganisasi.


II. Tema
Dasar Pemikiran di atas mendorong panitia pelaksana untuk merumuskan arah pelatihan dasar organisasi dan kepemimpinan ini dengan tema: “Kaderisasi Kepempimpinan OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar Dalam Berorganisasi”. Dengan tema ini, kegiatan pelatihan tersebut diarahkan untuk membentuk karakter pribadi dan kelompok dalam berorganisasi dan pada akhirnya dapat menciptakan kaum muda yang mampu berorganisasi dan merasa memiliki organisasi itu, yakni OMK.

III. Tujuan Kegiatan
1. Membentuk karakter pribadi dan kelompok dalam organisasi kaum muda Katolik.
2. Mempelajari disiplin kerja dan waktu dalam sebuah sistem organisasi kaum muda Katolik .
3. Menambah pengetahuan Omk dalam manajemen keuangan dan teknik penggalian dana pada setiap kegiatan.
4. Sebagai proses kaderisasi dalam organisasi kaum muda Katolik.
5. Membentuk karakter Pemimpin pada setiap pribadi kaum muda Katolik.

IV. Bentuk Kegiatan
1. Seminar
2. Diskusi
3. Outbound
4. Renungan

V. Peserta Kegiatan
- Kaum Muda Katolik khususnya OMK yang tersebar di wilayah dalam lingkungan Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar.

VI. Pelaksana Kegiatan
- OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar

VII. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
- Tanggal : 11 – 13 Oktober 2013

VIII. Tempat Pelaksanaan Kegiatan :
- The Sila’s Agrotourism, Bedugul

IX. Sumber Dana
- Diambil dari Dewan Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar
- Kas OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar

X. Panitia Pelaksana (-)

XI. Anggaran Dana (-)

XII. Penutup
Kegiatan pelatihan dasar organisasi dan kepemimpinan ini, dalam target jangka pendek akan menjawab dilema dalam diri OMK Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar. Di sisi lain untuk suatu tujuan jangka panjang, pelatihan ini menjadi semacam langkah awal dalam mempersiapkan para Kaum Muda menjadi seorang Pemimpin di kemudian hari. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan dapat menjawab arah Pastoral Gereja Lokal yaitu menuju Gereja yang transformatif dan memancarkan wajah Kristus melalui semangat Orang Muda.
Dalam proses mencapai ke arah ini, tidaklah keliru jika Panitia tetap mengharapkan segala usul dan saran yang membangun demi keberhasilan kegiatan ini, terutama demi lahirnya Pemimpin-pemimpin Muda bagi Organisasi Gereja.







0 komentar: